Sunday, December 23, 2012

Pengertian Hubungan Internasional

Hingga kini, banyak para ahli ilmu politik yang mendefinisikan pengertian hubungan internasional atau hubungan luar negeri. Berikut ini beberapa pengertian hubungan internasional.

1. Encyclopaedia Americana
Hubungan internasional adalah merupakan suatu hubungan dalam bidang politik, ekonomi, budaya serta pertahanan dan keamanan yang dilakukan oleh beberapa negara.

2. Mc Clelland,
Hubungan internasional adalah studi ilmu tentang berbagai keadaan yang relevan yang mengelilingi interaksi suatu bangsa.

3. Nathiessen, hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik yang komponennya mencakup bidang politik, hukum, organisasi dan administrasi internasional.

4. Departemen Luar Negeri Republik Indonesia
Hubungan internasional sebagai hubungan antarbangsa dengan segala aspeknya. Hubungan itu dilakukan suatu negara untuk mewujudkan cita-cita pembangunan nasional, dan berbagai kepentingannya. Berkaitan dengan konsep otonomi, hubungan internasional hanya dapat dilaksanakan pemerintah pusat, tidak oleh pemerintah daerah.

pengertian hubungan internasional
Berdasarkan beberapa definisi atau arti hubungan internasional tersebut, setiap kerja sama yang dilakukan oleh suatu bangsa dengan bangsa-negara lain dapat disebut sebagai hubungan internasional. Dalam perkembangannya, kerja sama tersebut ada yang dinamakan kerja lama regional (kawasan), bilateral, dan multilateral.

Kerja sama regional atau kawasan adalah kerja sama yang dilakukan secara kelompok di kawasan tertentu. Kerja sama negara kita dengan negara-negara lain yang ada di kawasan Asia Tenggara (souteast) yang tergabung dalam ASEAN (Association of South East Asian Nation) adalah contoh kerja sama regional. Sebaliknya, bentuk kerja sama yang mencakup seluruh dunia diwadahi organisasi dunia bernama Perserikatan Bangsa­ Bangsa atau The United Nations.

Berkenaan dengan hubungan internasional, terdapat tiga macam istilah yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, yaitu politik luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional.
  1. Politik luar negeri, merupakan perangkat yang digunakan sebuah negara untuk berhubungan dengan negara lainnya. Penggunaan kebijakan politik luar negeri ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan dan kepentingan nasional. Misalnya, Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif.
  2. Hubungan luar negeri, merupakan konsep interaksi yang dilaksanakan sebuah negara dengan negara lain dengan syarat tidak menghilangkan kedaulatan negara yang bersangkutan.
  3. Politik internasional, merupakan politik antar Negara yang mencakup berbagai macam kepentingan yang dimiliki oleh negara-negara yang bersangkutan. Politik internasional disebut juga sebagai proses interaksi antar negara atau interaksi dengan organisasi internasional.
Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian Hubungan Internasional.