Sunday, October 28, 2012

Tingkatan dan Wewenang Pengadilan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Klasifikasi Lembaga Peradilan, maka pada posting kali ini, kita akan membahas tentang tingkatan dan wewenang pengadilan.

Berdasarkan tingkatannya, pengadilan dapat dibedakan menjadi dua tingkat pengadilan:

a. Pengadilan Tingkat I
Pengadilan tingkat I dikenal dengan istilah pengadilan negeri. Berdasarkan. UU No. 2/ 1986, pembentuk pengadilan negeri dilakukan melalui keputusan presiden. Adapun susunan pengadilan negeri terdiri atas pimpinan, hakim, anggota, panitera, sekretaris, hakim anggota, dan juru sita. Fungsi pengadilan negeri adalah memeriksa, memutuskan, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama dari segala perkara perdata dan perkara pidana sipil untuk semua golongan penduduk. Wewenangnya adalah meliputi satu daerah tingkat dua: kota atau kabupaten.

Klasifikasi Lembaga Peradilan

Pada posting kali ini kita akan membahas tentang klasifikasi Lembaga Peradilan, setelah sebelumnya kita membahas tentang Macam-macam Sumber Hukum.

Pada pasal 10 ayat 1 UU No. 14/1970 tentang pokok-pokok kekuasaan kehakiman ditegaskan bahwa tugas kehakiman dilaksanakan oleh badan pengadilan di empat lingkungan: 1) peradilan umum, 2) peradilan agama, 3) peradilan militer, dan 4) peradilan tata usaha negara. Keempat lingkungan peradilan itu mempunyai lingkungan wewenang mengadili tertentu, dan meliputi badan peradilan tingkat pertama dan tingkat banding.

Macam-Macam Sumber Hukum

Setelah kita membahas tentang penggolongan hukum menurut fungsi dan sifatnya, maka pada posting kali ini kita akan membahas tentang macam-macam sumber hukum.

Ada banyak macam sumber hukum, di antaranya adalah :
  1. Segala sesuatu yang menimbulkan aturan yang mempunyai kekuatan memaksa, yakni aturan-aturan yang kalau dilanggar mengakibatkan sanksi yang tegas dan nyata.
  2. Undang-undang. Dalam arti material, undang-undang adalah setiap peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang isinya mengikat secara umum. Dalam arti formal, undang-undang rnerupakan setiap peraturan yang karena bentuknya dapat disebut undang-undang. Misalnya, ketentuan pasal 5 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi, "Presiden bersama-sama DPR membentuk undang-undang yang dibentuk oleh Presiden bersama DPR tersebut dapat diakui sebagai hukum formal karena dibentuk oleh pihak yang berwenang sehingga derajat peraturan itu sah sebagai undang-undang".

Saturday, October 27, 2012

Penggolongan Hukum Menurut Fungsi dan Sifatnya

Setelah kita membahas penggolongan hukum menurut masalah yang diaturnya, maka pada posting kali ini kita akan membahas Penggolongan Hukum menurut Fungsi dan Sifatnya.

Menurut fungsinya, hukum digolongkan dalam:
  1. Hukum materiil, hukum yang berisi perintah-perintah dan larangan. Misalnya, larangan mengambil barang milik orang lain tanpa seizin pemiliknya, atau setiap orang tua harus mendidik dan memelihara anaknya sampai dewasa. Hukum materiil, antara lain, dapat ditemui dalam KUHP, KUH Perdata, dan KUH Dagang.

Penggolongan Hukum Menurut Masalah yang Diaturnya

Setelah kita membahas penggolongan hukum menurut pribadi yang diaturnya, maka pada posting kali ini kita akan membahas tentang penggolongan hukum menurut masalah yang diaturnya.

Menurut masalah yang diatur (isinya), hukum digolongkan dalam dua jenis: privat dan publik. Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara seseorang dan orang lain yang menyangkut kepentingan pibadi. Hukum perdata terdiri atas lima bagian:

1. Hukum pribadi/ perseorangan
Yaitu seperangkat peraturan yang mengatur tentang subjek hukum. Subjek hukum adalah segala sesuatu yang menurut hukum dapat mempunyai hak dan kewajiban. Misalnya, manusia dan badan hukum.

Penggolongan Hukum Menurut Pribadi yang Diaturnya

Setelah pada posting terdahulu kita membahas Penggolongan Hukum Menurut Waktu Berlakunya, maka pada posting kali ini kita akan membahas tentang Penggolongan Hukum Menurut Pribadi yang diaturnya.

Menurut pribadi yang diaturnya, hukum digolongkan ke dalam:

Penggolongan hukum menurut waktu berlakunya

Pada posting kali ini kita akan membahas tentang Penggolongan Hukum Menurut waktu berlakunya. Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang penggolongan hukum menurut ruang-wilayah berlakunya.

Menurut waktu berlakunya, hukum digolongkan dalam:
  1. Hukum positif (ius constitutum), hukum yang berlaku saat ini di negara tertentu.
  2. Hukum yang diharapkan pada waktu yang akan datang atau yang dicita-citakan (ius constituendum).

Penggolongan (Klasifikasi) Hukum Menurut Ruang-Wilayah Berlakunya

Setelah sebelumnya kita membahas tentang penggolongan (klasifikasi) hukum Menurut bentuknya, maka pada posting kali ini akan dibahas tentang penggolongan atau klasifikasi hukum menurut ruang-wilayah berlakunya.

Menurut ruang-wilayah berlakunya, hukum digolongkan dalam:

Friday, October 26, 2012

Perangkat Silabus dan RPP Sosiologi Kelas XI SMA Semester 1 dan 2

Bagi guru-guru yang sedang memerlukan perangkat pembelajaran sosiologi kelas XI SMA Semester 1 dan 2, dikarenakan ada satu dan beberapa hal maka kami telah memindahkan posting tersebut ke dalam posting yang lain yang bisa anda lihat melalui link berikut : Perangkat Silabus dan RPP Sosiologi Kelas XI SMA Semester 1 dan 2.

Thursday, October 25, 2012

Penggolongan (Klasifikasi) Hukum Menurut Bentuknya

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian hukum menurut para ahli, maka pada posting kali ini kita akan membahas tentang Penggolongan Hukum (Klasifikasi) hukum menurut bentuknya.

Di Indonesia, hukum digolongkan menurut tujuh hal berikut, yakni : 1. Hukum Menurut bentuknya; 2. Hukum Menurut Ruang-wilayah berlakunya; 3. Hukum Menurut waktu berlakunya; 4. Hukum Menurut pribadi yang diaturnya; 5. Hukum Menurut fungsinya; 6. Hukum Menurut sifatnya; dan 7. Hukum Menurut masalah yang diaturnya.

Wednesday, October 17, 2012

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Ada banyak pengertian hukum yang dikemukaan oleh para ahli hukum. Mereka mendefinisikan hukum dengan arti yang berbeda sesuai dengan perspektif yang menjadi titik pijaknya. 

E. Utrecth, hukum merupakan himpunan petunjuk hidup (baik perintah maupun larangan) yang mengatur tata tertib kehidupan masyarakat yang harus ditaati oleh semua anggota masyarakat, dan apabila dilanggar, maka akan dapat menimbulkan tindakan sanksi oleh pihak pemerintah dan masyarakat.

Satjipto Raharjo, hukum adalah karya manusia berupa norma-norma yang berisi petunjuk-petunjuk tingkah laku. Hukum merupakan pencerminan dari kehendak nianusia tentang bagaimana seharusnya masyarakat dibina dan harus diarahkan. Karena itu, pertama-tama, hukum mengandung rekaman dari ide-ide tersebut berupa ide tentang keadilan.

Sunday, October 14, 2012

Penggunaan CAN untuk Kalimat Negatif

Setelah kita memahami penggunaan CAN untuk Kalimat Positif dan Pertanyaan, maka sekarang kita akan membahas tentang Penggunaan CAN untuk Kalimat Negatif.

Rumus untuk Penggunaan CAN dalam Kalimat Negatif hampir sama dengan penggunaan CAN dalam kalimat postif. Perbedaannya adalah pada Penggunaan CAN bentuk Negatif kita perlu menambahkan NOT setelah modals CAN.

Jadi rumus Penggunaan CAN dalam Kalimat Negatif yaitu : S + CAN + Not + V1 + O

Friday, October 12, 2012

Penggunaan CAN untuk Kalimat Tanya

Setelah kita memahami tentang Penggunaan CAN untuk kalimat positif, maka kita akan lebih mudah untuk mempelajari Penggunaan CAN untuk Kalimat Tanya (Interrogative).

Dalam bahasa sederhana CAN dalam kalimat positif berarti "Dapat/ Bisa", sedangkan CAN dalam kalimat pertanyaan berarti "Dapatkah/ Bisakah?"

Bila rumus CAN dalam kalimat positif adalah S + CAN + V1 + O, maka dalam kalimat pertanyaan CAN dipindahkan ke awal kalimat (sebelum Subjek), menjadi : CAN + S + V1 + O.

Tuesday, October 9, 2012

Adakah Cara Alami untuk Menyembuhkan Kanker?

Dalam posting kali ini saya akan menuliskan tentang adakah cara alami untuk menyembuhkan penyakit kanker?

Saat ini Kanker merupakan penyakit epidemik. Kehidupan setiap orang telah tersentuh oleh seseorang yang terserang penyakit kanker. Dulu penyakit ini tergolong langka, tapi sekarang tidak lagi. Penyakit ini sangat ditakuti oleh setiap orang. Ada banyak sekali jenis kanker. Untuk mengetahui jenis-jenis kanker dan gejalanya anda bisa lihat pada posting saya terdahulu di Beberapa jenis kanker dan gejalanya.

Friday, October 5, 2012

Penggunaan CAN untuk Kalimat Positif

Pada posting kali ini saya ingin menuliskan pelajaran dasar bahasa inggris, yaitu penggunaan CAN yang berarti "Dapat atau Bisa"

Sebenarnya penggunaan CAN sangat sederhana, kita cukup mengikuti rumusnya. CAN digunakan dengan Rumus :

S + CAN + V1

Keterangan : 
S = Subjek (pelaku),
CAN = Dapat/ bisa (Modal),
V1 = Kata Kerja ke 1 (perlu diketahui bahwa bahasa inggris mempunyai 3 macam kata kerja)

Monday, October 1, 2012

Ciri Struktur Sosial Menurut Abdul Syani

Secara sederhana, dapat kita katakan bahwa struktur sosial merupakan keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

Menurut Abdul Syani, ciri struktur sosial, adalah sebagai berikut.
  1. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang pokok yang dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang kemungkinan besar dilakukan secara organisatoris. Konsep sosial diterapkan pada setiap totalitas, seperti lembaga-lembaga, kelompok-kelompok sosial, dan proses sosial.

Perangkat Silabus dan RPP Kimia Kelas XII SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perlengkapan Silabus dan RPP Kimia SMA Berkarakter Kelas XII untuk Semester 1 dan 2 khusus untuk kelas IPA. File dari Perangkat Silabus dan RPP ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Penjasorkes Kelas XII SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Penjasorkes SMA Berkarakter Kelas XII yang terdiri atas : Kriteria Ketuntasan Minimanl (KKM), Pemetaan, SK-KD, Prota, Promes, Silabus dan RPP untuk kelas IPA dan IPS

File dari Perangkat silabus dan rpp serta perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Biologi Kelas XII SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Biologi SMA Berkarakter Kelas XII yang terdiri atas : Kriteria Ketuntasan Minimanl (KKM), Pemetaan, SK-KD, Prota, Promes, Silabus dan RPP khusus untuk kelas IPA

File dari perangkat silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Ekonomi Kelas XII SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Ekonomi Berkarakter untuk SMA Kelas XII yang terdiri atas : Kriteria Ketuntasan Minimanl (KKM), Pemetaan, SK-KD, Prota, Promes, Silabus dan RPP.

File dari perangkat silabus dan rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Kimia Kelas XI SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Kimia Berkarakter untuk SMA Kelas XI yang terdiri atas : Silabus dan RPP Kimia Berkarakter untuk Kelas XI SMA.

File dari Perangkat Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan contoh perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Ekonomi Kelas XI SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Ekonomi Berkarakter untuk SMA Kelas XI yang terdiri atas : Kriteria Ketuntasan Minimanl (KKM), Pemetaan, SK-KD, Prota, Promes, Silabus dan RPP.

File dari contoh Perangkat Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.

Perangkat Silabus dan RPP Biologi Kelas XI SMA Berkarakter

Berikut ini akan saya bagikan link download perangkat silabus dan rpp Biologi Berkarakter untuk SMA Kelas XI yang terdiri atas : Kriteria Ketuntasan Minimanl (KKM), Pemetaan, SK-KD, Prota, Promes, Silabus dan RPP.

File dari contoh Perangkat Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya ini sengaja dibuat dalam format doc (Microsoft Word) dengan maksud agar memudahkan anda untuk mengedit, menambah atau mengurangi bagian-bagian tertentu yang dirasa perlu.