Sunday, September 23, 2012

Artikel Tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara

Pada posting kali ini, saya akan menuliskan artikel tentang Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

Saat ini, kita harus melakukan langkah reorientasi (peninjauan kembali wawasan) dan revitalisasi (memvitalkan) secara nyata dalam pengamalan atau pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Semangat reformasi tidak boleh mengecilkan peran ideologi negara, apalagi sampai melupakannya. Pemerintah pun tidak boleh mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Misalnya, Pancasila dijadikan sebagai legitimasi untuk melanggengkan kekuasaan. Langkah ini justru akan menjadikan Pancasila kehilangan makna dan nilai filosofisnya.

Mengapa kita harus melakukan reorientasi dan revitalisasi pelaksanaan nilai-nilai Pancasila itu? Karena Pancasila, sekarang dan sampai kapan pun, tetap diterima dan dipertahankan sebagai dasar negara. Pancasila adalah landasan bersama (common platform) bangsa Indonesia yang majemuk. Sejak awal kelahirannya, Pancasila diterima sebagai dasar, filsafat, pikiran, jiwa, dan hasrat yang sedalam-dalamnya untuk menjadi Ideologi negara. Nilai-nilai Pancasila akan tetap relevan dengan kehidupan berbangsa, sekarang dan masa depan. Karena itu, kita harus menelaah kembali nilai-nilai Pancasila itu agar menjadi landasan dalam memecahkan persoalan-persoalan bangsa.

Kita harus mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, Pancasila dapat menjadi sumber inspirasi yang dapat diterapkan dalam proses pembangunan dan demokrasi. Pengembalian Pancasila sebagai jati diri, karakter. sekaligus pemersatu bangsa bukan berarti kembali ke zaman masa silam. Pancasila harus diterapkan dengan pendekatan yang lebih baik, terbuka, dan fungsional. Pendekatan ini perlu seiring dengan proses reformasi.

Karena panjangnya artikel tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara ini, maka ada baiknya anda mendownload artikel lengkapnya melalui tautan yang saya sediakan. Untuk Download file Artikel Selengkapnya Silahkan Download Di Sini.

Selanjutnya mungkin anda tertarik untuk membaca artikel berikutnya yakni Pancasila sebagai Ideologi Nasional.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment