-->

  • RPP Kelas X
  • RPP Kelas XI
  • RPP Kelas XII
  • Artikel PKN
  • Artikel IPS
  • Artikel Kesehatan
  • Artikel Facebook
  • 9/23/2012

    Artikel Ruang Lingkup Sistem Pemerintahan

    Artikel Ruang Lingkup Sistem Pemerintahan

    Pada posting kali ini, saya akan membahas tentang Ruang lingkup sistem pemerintahan.

    Dalam praktiknya, sistem politik yang dianut oleh suatu negara sangat berkaitan dengan sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh negara itu. Kita harus memahami bahwa dalam sistem politik, pemerintahan dan birokrasi merupakan dua komponen yang sangat penting dalam struktur politik negara itu. Disebut penting karena dua komponen itu, yaitu pemerintah dan birokrasi, bersangkut-paut dengan pembuatan kebijakan dan penerapannya.

    1. Makna Sistem Pemerintahan
    Pengambilan kebijakan biasanya menyangkut tentang program apa yang akan dilaksanakan oleh suatu pemerintahan. Penerapan atau implementasinya berkaitan dengan bagaimana program pemerintah itu dapat dilaksanakan sehingga memberi banyak keuntungan bagi rakyat. Biasanya, pemerintah disebut pula sebagai eksekutif karena bertugas sebagai pelaksana program yang disepakati antara berbagai kekuatan bangsa.


    2. Makna Pemerintah dan Pemerintahan
    Kata pemerintah berasal dari perintah. Apakah arti pemerintah yang dimaksud? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "pemerintah" memiliki beberapa arti, di antaranya :
    1. Sistem yang menjalankan wewenang dan kekuasaan untuk mengatur kehidupan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara atau bagian-bagiannya;
    2. Sekelompok orang yang secara bersama-sama memegang tanggung jawab terbatas untuk menggunakan kekuasaan;
    3. Penguasa suatu negara;
    4. Badan tertinggi yang memiliki wewenang untuk memerintah suatu negara.
    Sehubungan dengan panjangnya pembahasan mengenai ruang lingkup sistem pemerintahan ini, ada baiknya anda mendownload artikelnya melalui link yang sudah saya sediakan. Untuk Download Artikel selengkapnya, Silahkan Download Di sini

    Selanjutnya mungkin anda tertarik untuk membaca artikel berikut ini Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

    You Might Also Like:

    Disqus Comments