• RPP Kelas X
  • RPP Kelas XI
  • RPP Kelas XII
  • Artikel PKN
  • Artikel IPS
  • Artikel Kesehatan
  • Artikel Facebook
  • 10/01/2012

    Ciri Struktur Sosial Menurut Abdul Syani

    Ciri Struktur Sosial Menurut Abdul Syani

    Secara sederhana, dapat kita katakan bahwa struktur sosial merupakan keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

    Menurut Abdul Syani, ciri struktur sosial, adalah sebagai berikut.
    1. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang pokok yang dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang kemungkinan besar dilakukan secara organisatoris. Konsep sosial diterapkan pada setiap totalitas, seperti lembaga-lembaga, kelompok-kelompok sosial, dan proses sosial.
    2. Struktur sosial meliputi semua hubungan sosial yang terjadi antara individu-individu pada waktu tertentu. Oleh karena itu, struktur sosial dapat disebut sebagai aspek nonproses dari sistem sosial, yang pada intinya adalah situasi statis dari sistem sosial. Struktur sosial menjadi kerangka acuan yang pertama dalam setiap pembelajaran tentang keteraturan hubungan-hubungan sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
    3. Struktur sosial adalah semua kebudayaan yang ada di masyarakat. Dalam setiap penelitian tentang kebudayaan suatu masyarakat, pemahaman kita diarahkan kepada berbagai derajat dari susunan sosialnya. Dengan demikian, struktur sosial dapat dipandang sebagai suatu kenyataan empiris yang ada pada setiap terjadinya hubungan sosial antarmanusia dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini, hubungan sosial tersebut meliputi perilaku, perasaan dan kepercayaan, serta unsur-unsur kebudayaan lainnya.
    4. Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat statis sehingga dapat dilihat kerangka tatanan dari berbagai bagian tubuh yan membentuk sturktur. Jadi, struktur sosial merupakan aspek statis dari suatu proses atau fungsionalisasi dari suatu sistem sosial.
    5. Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyakat yang mengandung dua pengertian. Pengertian Pertama, Dalam struktur sosial ada peranan-peranan yang memiliki sifat empiris dalam suatu proses perubahan dan perkembangan. Pengertian kedua, dalam setiap perubahan dan perkembangan itu ada tahap perhentian, di mana terjadi stabilitas, keteraturan dan integrasi sosial yang bersinambungan sebelum kemudian terancam oleh proses ketidakpuasan dalam tubuh masyarakat.
    Demikian pembahasan tentang Ciri Struktur Sosial Menurut Abdul Syani, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

    Related Posts
    Disqus Comments