Saturday, September 22, 2012

Macam-Macam Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt

Menurut Robert Bierstedt, terdapat bermacam-macam jenis kelompok sosial, yaitu:

a. Kelompok sosial yang teratur, terdiri atas:
1. In group dan out group
In-group berdasarkan pada faktor simpati serta kedekatannya dengan anggota kelompoknya. Adapun out-group adalah kelompok yang berada di luar kelompok dirinya.

2. Kelompok primer dan sekunder
Kelompok primer adalah kelompok kecil yang anggota-anggotanya memiliki hubungan dekat, personal, dan langgeng. Contohnya; keluarga. Adapun kelompok sekunder adalah kelompok besar, bersifat sementara, mempunyai tujuan tertentu, bersifat impersonal dan tidak langgeng. Sebagai contoh; Tim kesebelasan sepak bola.
Low-Key Social Group and Fitness Group
3. Paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesselschaft)
Paguyuban adalah bentuk salah satu bentuk kelompok sosial di mana anggota-anggotanya hidup bersama dan terikat hubungan batin murni serta bersifat alamiah dan kekal. Misalnya: kerabat, keluarga serta RT (Rukun Tetangga). Adapun patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya hanya untuk jangka waktu yang pendek. Sebagai contoh ; interaksi melalui internet.

4. Formal group dan in-formal group.
Formal group merupakan kelompok yang memiliki peraturan yang tegas dan sengaja dibuat oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan yang terjadi antar sesamanya. Misalnya : Negara, birokrasi atau perusahaan. Adapun informal group adalah kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan dan pengalaman. Sebagai contoh : Ikatan kelompok terdekat atau perkawanan (KLIK).

b. Kelompok sosial yang tidak teratur, terdiri atas :

1. Kerumunan (crowd)
yaitu individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan pada waktu yang bersamaan.

2. Publik
yaitu orang-orang yang berkumpul dan mempunyai kesamaan kepentingan

Demikianlah tulisan singkat mengenai macam-macam kelompok sosial menurut Robert Bierstedt. Semoga bermanfaat untuk menjadi sumber rujukan.

Artikel Terkait :

0 komentar: